15 Emas Untuk Indonesia

Tim Olimpiade Tunagrahita Indonesia hinggaa hari ini (Minggu, 3 Juli 2011) telah berhasil meraih 15 emas, 13 perak, dan 11 perunggu. Perjuangan atlit bangsa ini mendapat apresiasi khusus dari Dubes RI di Athena, Yunani.

“Prestasi mereka sungguh membanggakan, membuat Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang diantara bangsa-bangsa sedunia. Dengan kekurangan yang mereka miliki, mereka sanggup mengharumkan nama bangsa,”ujar Dubes RI.

Para atlit tersebut bersaing dengan lebih dari 7500 atlit lain dari 184 negara di dunia. Prestasi 15 emas tersebut berhasil memecahkan rekor yang didapat tim Olimpiade Indonesia pada Olimpiade Tunagrahita XII Shanghai dengan 9 emas, 9 perak, dan 4 perunggu.

Di tengah carut marut kisruh olahraga Indonesia, seperti kasus PSSI, venue SEA GAMES yang belum selesai dari rencana semula, hingga penurunan prestasi bulu tangkis, para atlit yang memiliki kekurangan tersebut mampu membawa kembali nama bangsa. Mari kita berharap prestasi mereka dapat dilanjutkan oleh atlit-atlit Olimpiade Indonesia yang akan berlaga di London pada 2012 mendatang.

Rincian medali Indonesia:
15 Medali Emas

Jumlah medali emas sebanyak ini sebanyak 3 buah dipersembahkan masing-masing oleh Stephanie Handoyo, Fitriani dan Christian Sitompul dari cabang olahraga renang.

Sebanyak 6 medali emas hasil perjuangan Ati Hasyim, Komarudin, Alex/Noni, Komarudin/Ati dari cabang bulutangkis tunggal putera, tunggal puteri dan ganda campuran.

Dari cabang tenis meja tunggal puteri dan ganda campuran, Desi Pradita, Marwan/Desi Pradita dan Mimin Aminah/Donald berhasil merebut 3 medali emas untuk mengumandangakan Indonesia Raya dan mengibarkan merah putih di antara bangsa-bangsa.

Tiga medali emas lainnya datang dari cabang olahraga bocce, hasil jerih payah Fadillah Sobri (Divisi M11), Rico (dIVISI m18), dan Vivi Indriyani/Ika Solehati (Divisi F03).
 

13 Medali Perak

Perolehan medali perak sebanyak 2 buah berasal dari cabang atletik lari 200 meter putera oleh Agus Adi Wiranata dan Mahmudi. Selanjutnya lari 400 meter putera oleh Lailatul Kadar, lari 200 meter oleh Silvia Latuputty (Divisi F08) dan estafet 4×100 meter (Agus Adi Winata, Lailatul Kadar, Mahmudi, dan Silvia Latuputty).

Dari cabang renang, Daniel Nugroho menyumbangkan perak di lintasan 50 meter dan 100 meter. Sedangkan Fitriani menambah perak dari lintasan 50 meter. Tambahan satu medali perak dari Alex Wiranata dari bulutangkis.

Medali perak berikutnya dari cabang bocce (Vivi Indriyani), bola basket (tim), tenis meja tunggal putera (Ronald Pasendra) dan tenis meja tunggal puteri (Mimin Aminah).

11 Perunggu

Sementara itu perolehan medali perunggu dari cabang atletik lari 100 meter (Prisma Septian Anisya), lari 100m (Agus Adi Winata), lompat jauh (Silvia Latuputty), dan lari estafet 4×100 meter.

Selanjutnya dari bulutangkis (Noni Marlena), tenis meja tunggal putera (Marwan), tenis meja ganda putera (Marwan/Ronald), tenis meja ganda puteri (Mimin Aminah/Desi Pradita).

Kemudian dari cabang olahraga bocce medali perunggu disumbangkan berturut-turut oleh Ika Solehati, Vivi Indriyani, dan pasangan Rico/Fadillah Sobri.

Thank You for reading,

KievaSone

[Kievas Raikkonen Cahyadi]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s