Lawan Berikutnya Bagi Indonesia Menuju Brasil 2014

Kita boleh bangga dan gembira dengan kemenangan 4-3 (agregat 5-4) atas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (28/7) lalu. Sebab hasil itu memang membawa Indonesia ke lolos Putaran Tiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Namun, sejatinya kepakan sayap Garuda Merah Putih masihlah jauh untuk menuju Brasil. Setidaknya Indonesia harus melampaui dua hingga empat tahap lagi untuk benar-benar berada di Brasil. Sebab, FIFA sudah memutuskan kalau jatah Zona Asia di Piala Dunia 2014 nanti tetap 4,5 saja. Yakni, empat tim diambil dari Putaran Empat, dan 0,5 merupakan rasio babak playoff yang akan mempertemukan peringkat ketiga Zona Asia dengan Zona Oceania.

Putaran Tiga
Di putaran ketiga ini, Indonesia akan bergabung dalam 15 tim pemenang kualifikasi Putaran Dua lainnya, dan dengan 5 tim peringkat Asia teratas yang langsung lolos ke Putaran Ketiga (Jepang, Korea Selatan, Australia, Korea Utara, dan Bahrain) untuk selanjutnya diundi. Sistim pembagian tim peserta di Putaran Tiga ini dibagi dengan 4 pot, dan Indonesia masuk ke dalam Pot 4 bersama Korea Utara, Thailand, Singapura, dan Lebanon. Total, 20 negara itu akan diundi untuk masuk ke dalam Lima Grup (A-E) yang akan kembali bertarung untuk memperebutkan 10 tiket ke Putaran Empat.
Pengundian dijadwalkan akan berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, hari Sabtu (30/7). Sedangkan jadwal pertandingan untuk putaran tiga adalah 2 dan 6 September, 11 Oktober, 11 dan 15 November, serta pada 29 Februari mendatang.

Putaran Empat
Andai (semoga saja begitu, Amin) Boaz Solossa cs lolos dari Putaran Tiga, maka kita harus kembali berjuang dengan klub-klub berat Asia di Putaran Empat. Dari 10 tim peserta yang berada di sini, pembagian grup akan dibagi menjadi 2, dengan masing-masing grup terdiri dari 5 peserta. Juara dan runner up grup otomatis lolos ke Brasil dan peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertarung di Putaran Playoff AFC.
Pertandingan Putaran Empat ini akan dilangsungkan dengan sistem home and away pada rentang waktu tahun 2012 dan 2013 mendatang, yakni 3, 8, dan 12 Juni, 11 September, 16 Oktober, 14 November (2012) serta 26 Maret, 4, 11, dan 18 Juni (2013). Semoga Garuda Merah Putih bisa lolos ke Brasil dari babak ini. Tak perlu juara grup, runner up grup pun Firman Utina dan rekan-rekan sudah mencetak sejarah.

Putaran Lima
Putaran ini lebih dikenal dengan Putaran Playoff AFC, yakni merupakan duel dari dua tim penghuni peringkat ketiga Grup di Putaran Empat, untuk menentukan siapa yang berhak mewakili Zona Asia menuju babak Playoff Asia-Oceania. Tetap dengan menggunakan sistem kandang tandang, dan tanggal 6 dan 10 September 2013 akan menjadi penentu nasib kedua negara ini.

Putaran Enam
Putaran Playoff Intercontinental atau Putaran Playoff Zona Asia-Oceania menjadi nama lain dari partai perebutan satu tiket untuk lolos ke Piala Dunia ini. Di sini, tim pemenang Putaran Lima Zona Asia akan diadu dengan tim juara Oceania. Di edisi sebelumnya, pertemuan antara Bahrain dan Selandia Baru menjadi pengisi partai ini. Dijadwalkan satu tiket terakhir ini akan diperebutkan dalam sistem kandang tandang pada tanggal 15 Oktober dan 19 November 2013 nanti. Jika Indonesia berada di sini, maka ini adalah satu-satunya harapan yang harus diperjuangkan mati-matian, karena tinggal selangkah lagi kita menjejakkan kaki di negeri tari Samba itu

Credits : renoQd (from here)

Please put renoQd as the source

Thank You for reading,

KievaSone

[Kievas Raikkonen Cahyadi]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s