Liverpool: Langkah Awal Menuju Sukses?

Liverpool FC, biasa disebut Si Merah (The Reds), mengawali musim 2011/2012 ini dengan baik, 2 kemenangan masing-masing atas Arsenal 2-0 dan Exeter City 3-1 serta hasil seri 1-1 di laga pembuka musim melawan Sunderland membuat banyak pihak kembali menjagokan mereka untuk berlaga di UCL musim depan.

Namun, tentu saja itu semua hanya prediksi. Kita sebagai Liverpudlian (sebutan untuk pendukung Liverpool) tentu mengharapkan hal yang sama, dan jika memungkinkan, menjuarai Liga Inggris musim ini. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan. Liverpool masih harus bersaing dengan setidaknya 3 tim untuk memperebutkan tiket UCL, yaitu Manchester City, Tottenham Hotspurs, dan Arsenal, terlepas dari Chelsea dan Manchester United yang saya rasa pasti masuk 4 besar meskipun belum tentu menjadi juara atau runner-up.

Jika melihat dari komposisi pemain yang dimiliki saat ini, jelas bahwa yang harus diwaspadai adalah Manchester City dengan skuad yang hampir komplit di semua lini. Lalu berikutnya adalah Arsenal, yang meskipun kehilangan setidaknya 4 pemain kunci musim ini, namun masih memiliki sederet nama yang menjanjikan. Dan yang terakhir Tottenham yang tidak terlalu menunjukkan aktifitas transfer aktif di bursa kali ini.

Komposisi pemain Liverpool sendiri menurut saya cukup untuk bersaing memperebutkan salah satu titel lokal, Carling Cup, FA Cup, atau EPL. Mulai dari posisi kiper yang diserahkan pada Reina, posisi bek kiri yang penampilannya luar biasa dalam 2 laga, dan sepertinya menjadi pembelian bek kiri yang paling sukses untuk Liverpool dalam beberapa tahun terakhir, Enrique, bek kanan GlenJo yang meskipun masih dirundung cidera, serta pelapisnya Martin Kelly dan Flanagan, di bbek tengah Ada 3 nama senior, Carra, Agger, dan Skrtel. Di tengah, stok gelandang potensial sangat melimpah dengan kehadiran Adam, Downing, dan Henderson yang melengkapi Gerrard, Lucas, Meireles, dan Maxi (nama-nama lain seperti Shelvey, Joe Cole, dan Poulsen kemungkinan tidak ambil bagian dalam banyak pertandingan Liverpool musim ini). Sedangkan di Lini depan kita memiliki Luis Suarez dengan 3 gol dari 3 laga yang sudah dia mainkan, Andy Carroll yang baru saja kembali membuka keran golnya saat melawan Exeter City, serta Dirk Kuyt yang juga piawai sebagai sayap kanan ataupun kiri.

Jadi, menurut saya, dengan komposisi pemain komplit, hanya 1 yang harus dilakukan oleh The Anfield Gank selanjutnya, berjuang di tengah lapangan dan menampilkan penampilan terbaik mereka di setiap laga, terutama untuk lini pertahanan yang mungkin harus dipperkuat seiring 2 gol yang sudah bersarang di gawang Reina dalam 3 laga. Jadi, dengan komposisi pemain di atas, berkaca pada hasil laga-laga yang telah dijalani Liverpool, serta nama-nama yang siap mencuat di tim muda mereka, bukan tidak mungkin Liverpool akan kembali meraih sukses dalam waktu dekat, dan itu semua akan semakin baik bila diawali dengan 1 trophy dari liga lokal musim ini.

So, let’s keep hoping the best for them. YNWA!

Thank You for reading,

 

Kievas Cahyadi

One thought on “Liverpool: Langkah Awal Menuju Sukses?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s