Anak Muda = Teknologi (?)

Teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan, bahkan kewajiban bagi hampir sebagian besar masyarakat. Contoh konkret, di Jakarta saja tiap anak SD dari kalangan menengah ke atas hampir pasti memiliki gadget, apakah itu SmartPhone, TabletPC, console, atau sekedar HandPhone biasa.

Sebenarnya, untuk siapa teknologi canggih macam smartphone dan tablet PC diciptakan? Menilik masyarakat Indonesia dewasa ini, mungkin jawaban kita adalah “Untuk anak muda dong.. Bapak-bapak mah pake hape biasa aja,” dikarenakan oleh berbagai fitur yang menarik dan berbagai jejaring sosial yang mungkin menurut sebagian besar kita, friendly dengan anak muda, padahal tidak sedikit orang tua yang menggunakan fitur-fitur yang sama.

Smartphone dan tablet PC pada dasarnya diciptakan untuk menunjang kegiatan dan aktivitas manusia (user) dalam kehidupan agar lebih mudah dan menghemat waktu dan energi. Juga, mereka dapat digunakan sebagai sarana untuk menuntut ilmu ataupun menyelamatkan bumi dari Global Warming, jika kita gunakan dengan tepat. Sebagai contoh, di negara-negara Eropa dan AS, beberapa sekolah bahkan mengharuskan tiap siswanya menggunakan tablet PC dalam pembelajaran, dibandingkan menggunakan buku. Bisa dibayangkan berapa banyak kayu yang diselamatkan dari penebangan jika di Jakarta saja, 50% sekolah menerapkan hal yang sama?

Penggunaan smartphone juga fungsi utamanya adalah untuk membantu kinerja user dalam melakukan pekerjaan. Hampir semua smartphone memiliki fitur note sebagai fitur untuk mencatat hal-hal penting dalam pekerjaan, atau rapat dan sebagainya. Meskipun ada berbagai fitur dan aplikasi untuk entertain dalam banyak smartphone, tetap fungsinya adalah membantu pekerjaan user, terutama dalam kasus keperluan internet browsing.

Hal seperti ini tampaknya dipahami benar oleh negara-negara maju, di mana penggunaan teknologi modern tersebut sangat efisien, jika dibandingkan dengan kita, di Indonesia. Tanpa maksud menjelek-jelekkan negara kita, lihat saja. Anak-anak SD atau SMP diberikan smartphone BlackBerry atau IPad untuk banyak hal, mulai dari pamer, hiburan, atau mungkin, mengakses hal tidak pantas tanpa sepengetahuan orang dewasa.

Indonesia sepertinya memang sangat membantu perekonomian negara-negara maju melalui anak mudanya. Dengan alasan ‘tidak gaul, tidak up to date, malu, minder’, mereka tidak segan meminta teknologi-teknologi baru kepada orang tua mereka meskipun, mungkin, mereka baru saja membeli gadget baru 1 atau 2 bulan sebelumnya. Teknologi tidak selamanya milik anak muda, dan itu berarti teknologi juga hak orang tua, tidak perlu malu jika tidak memiliki teknologi terbaru, sesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh, pantaskah anak SD diberikan Ipad2 atau mungkin, New Ipad, padahal hanya digunakan untuk bermain game? Sebuah pemborosan nyata.

BlackBerry sendiri di USA dan negara-negara lain tidak terlalu digemari anak mudanya, bukan berarti mereka memilih Android atupun IPhone, namun memang, BlackBerry didesign untuk orang-orang kantoran, dalam kata lain, orang bisnis, sedangkan Android dan Iphone memang lebih entertainment, meskipun tujuan awalnya jelas, membantu kinerja manusia.

Tulisan saya kali ini berbelit-belit ya? :p
Semoga bermanfaat bagi pembaca dalam menentukan teknologi terbaik untuk diri sendiri.🙂

Fell free to share.
Don’t forget to write down my blog as it’s source.
All copyrights are belong to me.

Thank You for reading,

[Kievas Cahyadi]

One thought on “Anak Muda = Teknologi (?)

  1. Dear kievas.wordpress.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda dan bisa digunakan secara gratis. Jika Anda berminat, silahkan kunjungi Merdeka.com.
    Sebagai contoh, pilihan content Teknologi sudah ada di Merdeka.com

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s