Blog

Blog, simple saja tema dan judul tulisan ini. Dengan blog, berbagai macam ekspresi dari diri bisa dipancarkan, bisa juga untuk promosi produk/jasa..🙂

Awalnya, saya ingin membuat tulisan ini setelah menjadi assisten dalam program PKM ke SMA Permai Jakarta. Banyak siswa/i SMA tingkat X dan XI IPA yang ternyata masih ‘buta’ dalam membuat blog. Jika kita bertanya kepada mereka, apa itu internet, rata-rata menjawab ‘Facebook, chatting, ataupun Youtube’ dan beberapa hobi membuat notes2 di Facebook. Padahal, jika notes2 itu dikumpulkan, tentu dapat menjadi sebuah blog, yang selain bersifat pribadi, dapat juga menjadi langkah awal menuju sukses.

Kenapa saya katakan langkah awal menuju sukses? Dengan blog, kita dapat mengiklankan jasa ataupun produk-produk usaha kita dengan gratis, tanpa bayar, dan bisa mudah dipromosikan kemana-mana. Pandangan-pandangan kita terhadap masyarakat juga dapat menjadi sebuah modal awal menuju sukses, bayangkan jika komentar Anda tentang sebuah pertandingan sepak bola dinilai menarik oleh seorang editor yang kebetulan nyasar ke blog Anda, bukan tidak mungkin Anda dapat tawaran bekerja part time atau full time sebagai pengamat.🙂

Banyak dari siswa/i tadi meskipun gagap dengan blog, namun cepat belajar dalam mengembangkan blognya. Salah satu blog yang saya suka adalah zippipu.wordpress.com yang dibuat oleh 2 orang siswi SMA Permai yang menggilai Super Junior, bahkan menurut saya, dalam mengedit halaman awal (home), mereka lebih kreatif daripada saya. :p

Contoh lain blog yang dibuat adalah sepuluhduabelas, salah satu blog yang menurut saya merupakan tempat si penulis berekspresi sepuasnya dengan segala imajinasi gilanya.. Ahahahahah, dalam artian positif tentunya, juga biemel yang masih belum jelas arah blognya, tapi semoga saja cepat dikembangkan.

Sebenarnya, ada cerita unik saat saya melihat pembuatan blog dari biemel tersebut, cuma tidak akan cukup dimuat dalam tulisan saya ini karena cukup panjang, namun intinya adalah ‘kasus’ dalam pembuatan profile avatar tim tersebut.

3 contoh di atas adalah 3 contoh dari kemampuan seorang remaja SMA dalam membuat blog dan sejauh mana kemampuan mereka membuat sebuah blog, kekreativan mereka, dan keseriusan mereka, tanpa bermaksud menjelekkan suatu blog dibandingkan blog lainnya. Banyak hal yang mendorong blog-blog tersebut menjadi berbeda, entah itu dari segi kreativitasnya ataupun kelengkapan isinya. Namun tetap saya salut atas blog zippipu yang menurut saya cukup bagus, terutama menampilkan sumber darimana sebuah tulisan diambil di bawah tulisan mereka.

Untuk kalian yang ingin mencoba membuat sebuah blog, tidak perlu ragu dalam memulai. Cara membuat blog akan saya jabarkan di lain waktu.. :p

Tetap kunjungi blog saya dan dukung dalam saran dan kritik.

Fell free to share.
Don’t forget to write down my blog as it’s source.
All copyrights are belong to me.

Thank You for reading,

[Kievas ‘Raikkonen’ Cahyadi]

Leave a Reply

