[Analisis]-Tersingkir di Tengah-Tengah Pengguna BlackBerry

Judul di atas hampir mirip dengan sumbber dari tulisan yang saya buat ini, kecuali bagian “[Analisis]-“. Tulisan ini saya buat setelah membaca sebuah ‘curhatan’ dari seorang teman sesama blogger, di sini yang mengungkapkan kekecewaannya (mungkin), akibat pengguna BB ( BB User/BBU) yang rata-rata melupakan bahwa banyak dari remaja Indonesia, bahkan banyak dari pengguna ponsel Indonesia tidak menggunakan BlackBerry.

Satu bagian yang menarik di sini adalah, Untuk chatting saya lebih suka menggunakan YM atau WhatsApp yang bisa multi-platform di iOS, Android, Symbian, BlackBerry, menurut pengakuan penulis. Ya, benar, dan saya pun lebih menikmati WhatsApp sebenarnya, jika saya boleh jauh-jauh dari BlackBerry. Namun WhatsApp tidak memberikan full access berkepanjangan, hanya dibatasi setahun penggunaan free, sebelum dikenai charge untuk pemakaian seterusnya, memang, tidak begitu mahal, apalagi jika kita menggunakan Android yang notabene murah, lalu hanya membayar fee WhatsApp yang mahal, dibandingkan membeli sebuah BlackBerry dengan fitur BBMnya yang meskipun free access forever, namun dibundle dengan device mahal.

Bagi beberapa orang yang sudah membaca tulisan teman saya ini, mungkin Anda akan berkata, “Ya elah, minta nomer hape.. Minta YM aja sih susah amat, atau minta nama WhatsApp-nya,” haahahhaah, ketahuan deh ga pernah pake WhatsApp, WhatsApp berbasis nomer hape, jadi ya mau gamau harus punya nomer hape orang yang kita tuju. Bukan saya ingin membanggakan WhatsApp, seperti yang saya tulis tadi, kita harus bayar u/ full access. Namun dengan menelepon gratis, siapa yang tidak tertarik (meskipun saya belum mencoba fitur ini). Atau YM, berbeda dengan BBM atau WhatsApp, YM bukan sebuah IM yang On 24 jam. Jadi dengan menggunakan YM, belum tentu dalam 3 hari ke depan pesan Anda akan dibaca oleh orang yang Anda tuju. 1 lagi keunggulan WhatsApp, tidak terlalu makan battrei karena bisa dimasukkan ke dalam mode StandBy, tidak seperti BlackBerry yang on 24 jam..🙂

Tujuan tulisan ini saya buat bukan untuk membanggakan WhatsApp, BBM, atau YM, juga bukan untuk mengkritik tulisan teman blogger kita, dimana saya setuju dengan sebagian besar tulisan dia, hanya saja tulisan ini lebih kepada analisa bagi para pembaca agar mampu mengenali tipe-tipe IM yang umum digunakan, bukan hanya terpaku pada BBM saja yang membuat orang-orang diluar BBU merasa ‘tersingkir’.🙂

Fell free to share.
Don’t forget to write down my blog as it’s source.
All copyrights are belong to me.

Thank You for reading,

[Kievas Cahyadi]

One thought on “[Analisis]-Tersingkir di Tengah-Tengah Pengguna BlackBerry

Leave a Reply

